2020-09-07 00:00:00.000

PENANDATANGANAN NOTA KESEPAKATAN KUA-PPAS P-APBD KABUPATEN CIAMIS TAHUN 2020

alt

BPKD Ciamis –  Setelah melalui tahapan pembahasan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Ciamis, Senin (07/09/2020) siang dilakukan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Ciamis dengan DPRD Kabupaten Ciamis tentang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas serta Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2020.

Nota kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Bupati Ciamis DR. H. Herdiat dan seluruh pimpinan DPRD Kabupaten Ciamis dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Ciamis. Penandatanganan ini diawali dengan penyampaian Laporan Banggar DPRD yang dibacakan oleh Imam Danakurnia (Anggota Banggar/Ketua Fraksi PKB).

Dalam laporan banggar tersebut disebutkan bahwa dari hasil pembahasan yang telah dilakukan, Badan Anggaran mengambil kesimpulan bahwa secara umum sistematika penyusunan dan teknik penulisan nota kesepakatan dan dokumen KUA-PPAS P-APBD Tahun 2020 yang merupakan lampiran yang tidak bisa dipisahkan dari nota dimaksud telah memenuhi ketentuan sebagaimana mestinya.

Dengan telah dilakukannya koreksi dan penyempurnaan, maka rancangan KUA-PPAS P-APBD tahun 2020 telah disesuaikan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan didasarkan pada perencanaan strategis sesuai dengan RPJMD Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024 serta kegiatan penanggulangan dan penanganan pandemi Covid-19, selain itu disinergiskan juga dengan prioritas pembangunan provinsi dan pemerintah pusat dengan memperhatikan waktu pelaksanaan pekerjaan agar alokasi dana yang diberikan oleh pemerintah tingkat atas dapat mengakselerasi program pembangunan secara berjenjang yang tentu saja seluruh program/kegiatan mengutamakan keberpihakan kepada seluruh stakeholders dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Apabila dalam penyusunan rancangan P-APBD tahun 2020 nanti terdapat kebijakan Pemerintah Pusat dan atau Pemerintah Provinsi dan atau Pemerintah Kabupaten Ciamis yang mengakibatkan perubahan asumsi pada kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan maka akan disesuaikan sebagaimana ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan tidak merevisi nota kesepakatan yang telah disetujui bersama pada hari ini.

Pada saat rapat kerja antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan Badan Anggaran disampaikan secara umum tentang perubahan kebijakan pendapatan daerah, perubahan kebijakan belanja daerah dan perubahan kebijakan pembiayaan daerah serta strategi pencapaiannya.

Dari rancangan perubahan tersebut tidak seluruhnya program-program kegiatan dapat tertampung pada P-APBD tahun 2020 ini dikarenakan keterbatasan anggaran dan waktu yang tersedia. Namun demikian Pemerintah Daerah diharapkan tetap melakukan upaya-upaya secara optimal dalam melaksanakan program dan kegiatan yang utamanya bersentuhan langsung dan dapat dirasakan oleh masyarakat.

Pada kesempatan itu pula Bupati Ciamis DR. H. Herdiat menyampaikan terima kasih kepada Badan Anggaran DPRD, Fraksi-Fraksi dan Dewan yang terhormat yang telah menyepakati Rancangan KUA dan Rancangan PPAS Perubahan APBD Kabupaten Ciamis Tahun 2020 ini menjadi KUA dan PPAS Perubahan, berarti telah melalui satu tahapan penting dalam siklus pembangunan daerah.

“Adapun terhadap usul, saran dan pendapat yang telah disampaikan, Insya Alloh menjadi bahan pertimbangan yang sangat berharga bagi kami dalam menyusun RAPBD serta tentunya dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mendukung program dan kegiatan yang kita rencanakan dengan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan pembangunan dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat Tatar Galuh Kabupaten Ciamis”, imbuhnya.

Menurut Bupati DR. H. Herdiat, berdasarkan Nota Kesepakatan tersebut, maka Perangkat Daerah akan menyusun Rencana Kerja Anggaran Perubahan (RKA-P) Perangkat Daerah dan berdasarkan Rencana Kerja Anggaran Perubahan (RKA-P) Perangkat Daerah tersebut, Tim Anggaran Pemerintah Daerah akan menyusun Rancangan P-APBD Tahun Anggaran 2020.

“Saya berharap agar Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 ini mampu menjawab dan menyelesaikan permasalahan pembangunan Kabupaten Ciamis pada Tahun 2020 ini, terutama dalam menanggulangi dampak Pandemi COVID-19 melalui Bidang Kesehatan, Penanganan Dampak Ekonomi dan Jaring Pengaman Sosial,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis DR. H. Kurniawan menyampaikan bahwa setelah Kesepakatan KUA dan PPAS Perubahan Tahun 2020, sesuai tahapan, TAPD akan melakukan asistensi yang meliputi indikator kinerja, standar harga dan analisa standar belanja kepada seluruh SKPD selaku Pengguna Anggaran yang melaksanakan urusan dan kewenangan otonomi daerah dengan memperhatikan Standar Pelayanan Minimal (SPM)"  (BPKD01)

Kategori:
Bagikan:
Artikel Terkait
SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Fungsi Pelayanan BPKD Ciamis tetap buka

BPKD Ciamis - Untuk meminimalisir penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) fungsi Pelayanan Pajak Daerah, Bendahara ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

JALAN SEHAT dalam rangka LAUNCHING IPKD, PBB-P2 ...

BPKD-Ciamis – Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

LELANG TERBUKA HAK MENIKMATI BARANG BERUPA SEWA ...

BPKD Ciamis – Kunjungan Kepala Kantor Wilayah beserta Kepala Bidang Penilaian dan Kepala Seksi Bina ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Progress Penyusunan LKPD Kabupaten Ciamis TA. 2019

BPKD Ciamis – Laporan Progress Penyusunan Laporan Keuangan Daerah (LKPD) Pemerintah Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2019 ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Launching IPKD dan PBB-P2

BPKD Ciamis – Launching Informasi Pengeloaan Keuangan Daerah (IPKD) dan Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

AKUNTABILITAS & TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

BPK-RI Pusat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar acara “Sosialisasi Peran, Tugas dan Fungsi ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Bupati Pimpin Apel Pagi BPKD Ciamis, Ingatkan ...

Bupati Ciamis, Dr. Herdiat Sunarya memipin apel pagi di halaman Kantor BPKD Ciamis, Senin (06/01/2020). Foto: ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Team Building dan Personal Development Aparatur Badan ...

  BPKD Ciamis - Salah satu upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan standar kompetensi yang akan ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Perolehan PBB-P2 Tahun 2019 di Ciamis Lampaui Target

CIAMIS,(KP-ONLINE).- Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan ...