2020-06-30 00:00:00.000

Bupati Ciamis Hadiri Pelantikan Pengurus IAI Jawa Barat dan Webinar Urgensi RUU Pelaporan Keuangan bagi Akuntan dan Perekonomian Indonesia

alt

(KP Online – IPKD), Edi Jaenudin SE., M.Si., Ak., CA.terpilih sebagai Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jawa Barat periode 2019-2023. Pada kegiatan itu, terpilih juga Sekretaris IAI Wilayah Jabar DR. H. Kurniawan., SE.,M.Si., Ak.CA. yang juga Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Ciamis.

Pelantikan pengurus IAI wilayah Jabar dilaksanakan secara virtual dipimpin langsung oleh Ketua DPN IAI Prof. Mardiasmo bertempat di Executive Lounge Universitas Padjadjaran Jalan Dipati Ukur Bandung, Selasa (30/6/2020).

Pelantikan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan DPN IAI Nomor : KEP-69/SK/DPN/IAI/X/2019 perihal Penetapan Ketua IAI Wilayah Jawa Barat Periode 2019-2023 tertanggal 14 Oktober 2019 dan Surat DPN IAI Nomor 610/DPN/IAI/V/2020 perihal Susunan Pengurus IAI Wilayah Jawa Barat tanggal 26 Mei 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua IAI Jabar terpilih Edi Jaenudin menuturkan, sebagai Organisasi Profesi, IAI Wilayah Jawa Barat harus mensupport sepenuhnya untuk mencapai tujuan IAI yaitu untuk membimbing perkembangan akuntansi serta mempertinggi mutu pendidikan akuntan. Selain itu ucap dia, mempertinggi mutu pekerjaan akuntan yang selanjutnya dijabarkan dalam visi dan misi untuk memperkuat peran dan tanggungjawab IAI didalam menghadapi dinamika global.

“Maka menginisiasi prakarsa 6.1 : menguasai perubahan, menyiapkan masa depan. Sebagaimana telah disetujui dalam Kongres XIII IAI pada 13 Desember 2018 sebagai program strategis dan bentuk respon atas berbagai dinamika yang terjadi,” ujarnya.

Edi menjelaskan Prakarsa 6.1 terdiri dari enam langkah aksi dan satu tujuan umum yang akan dijalankan DPN IAI Periode 2018-2023 untuk memastikan profesi akuntan Indonesia bisa mengikuti arus global.

“Pertama, Membekali akuntan dengan keahlian dan kompetensi multidisipliner, kemampuan meta analytical dan social skill. Kedua, menyesuaikan kurikulum pendidikan akuntansi dan pendidikan akuntansi yang mengakomodir perkembangan teknologi dan disrupsi bisnis”, katanya.

Selanjutnya ujar Edi menjadi ujung tombak rejuvenating the profession (penyegaran kembali profesi akuntan) sehingga profesi akuntan mampu menguasasi perubahan massive yang terjadi.

Keempat, aktif mengampanyekan profesi akuntan sebagai agent of trus penjaga integritas laporan keuangan. Kelima, bekerja secara aktif bersama dengan pemangku kepentingan lainnya untuk mengukuhkan integritas dan etika profesi dalam praktik keprofesian Akuntan di Indonesia.

“Dan keenam, mewujudkan perlindungan hukum profesi Akuntan, pengguna jasa akuntan profesional, serta pengguna laporan keuangan. Satu tujuan yaitu memperkuat peran IAI dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap entitas bisnis dan publik dengan menyiapkan akuntan professional menghadapi masa depan,” ujar dia.

Dalam acara pelantikan tersebut, turut memberikan sambutan Gubernur Jawa Barat sekaligus sebagai Dewan Penasehat IAI Wilayah Jawa Barat Dr. (H.C) H. Moch Ridwan Kamil, S.T., M.U. yang diwakili oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Bapak H. Uu Ruzhanul Ulum, SE.

Hadir pula sebagai Penasehat para Guru Besar Akuntansi Universitas Padjadjaran, BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat, BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Bupati Ciamis DR. H. Herdiat Sunarya, Wali Kota Bogor dan Wali Kota Bandung, Sekretaris IAI Wilayah Jabar DR. H. Kurniawan., SE.,M.Si.,Ak.CA yang juga Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Ciamis, Komisaris Independen PT. WIKA, PT. Biofarma, Unsur Tokoh dan Praktisi Akuntansi serta Audit.

Sebagai bentuk upaya peningkatan kompetensi dan kebermanfaatan profesi akuntan di tengah masyarakat, acara pelantikan yang dirangkaikan dengan Webinar dengan topik Urgensi RUU Pelaporan Keuangan bagi Akuntan dan Perekonomian Indonesia dengan narasumber Bapak Dr. Hadijanto, S.H., LL.M., CITP., Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

“Dengan dilaksanakannya Webinar dan Pelantikan Pengurus IAI Wilayah Jawa Barat Periode 2019 – 2023 diharapkan dapat memberikan sumbangsih nyata para akuntan di dalam membangun negeri untuk mengimplementasikan inisiasi Prakarsa 6.1 : Menguasai Perubahan, Menyiapkan Masa Depan,” pungkasnya.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Ciamis DR. H. Herdiat Sunarya menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Pengurus IAI Jabar Periode 2019-2023.

“Semoga dengan Program Prakarsa 6.1 para akuntan dapat lebih bersinergis menularkan ilmunya dalam praktek akuntansi pemerintahan  dan dapat mensupport secara optimal dalam meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan pemerintah sehingga dapat mewujudkan good government and clean governance".

Kategori:
Bagikan:
Artikel Terkait
SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Fungsi Pelayanan BPKD Ciamis tetap buka

BPKD Ciamis - Untuk meminimalisir penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) fungsi Pelayanan Pajak Daerah, Bendahara ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

JALAN SEHAT dalam rangka LAUNCHING IPKD, PBB-P2 ...

BPKD-Ciamis – Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

LELANG TERBUKA HAK MENIKMATI BARANG BERUPA SEWA ...

BPKD Ciamis – Kunjungan Kepala Kantor Wilayah beserta Kepala Bidang Penilaian dan Kepala Seksi Bina ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Progress Penyusunan LKPD Kabupaten Ciamis TA. 2019

BPKD Ciamis – Laporan Progress Penyusunan Laporan Keuangan Daerah (LKPD) Pemerintah Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2019 ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Launching IPKD dan PBB-P2

BPKD Ciamis – Launching Informasi Pengeloaan Keuangan Daerah (IPKD) dan Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

AKUNTABILITAS & TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

BPK-RI Pusat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar acara “Sosialisasi Peran, Tugas dan Fungsi ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Bupati Pimpin Apel Pagi BPKD Ciamis, Ingatkan ...

Bupati Ciamis, Dr. Herdiat Sunarya memipin apel pagi di halaman Kantor BPKD Ciamis, Senin (06/01/2020). Foto: ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Team Building dan Personal Development Aparatur Badan ...

  BPKD Ciamis - Salah satu upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan standar kompetensi yang akan ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Perolehan PBB-P2 Tahun 2019 di Ciamis Lampaui Target

CIAMIS,(KP-ONLINE).- Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan ...