2020-06-25 00:00:00.000

Penyerahan LHP BPK-RI atas LKPD Kab. Ciamis Tahun 2019

alt

Untuk yang ke tujuh kalinya Pemerintah Kabupaten Ciamis mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

BPKD Ciamis – Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK-RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2019 dilaksanakan secara virtual yang dipimpin oleh Kepala BPK RI perwakilan Jawa Barat Arman Syifa., M.Acc., Ak.,CA.,CSFA kepada Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya dan Ketua DPRD Ciamis H. Nanang Permana, SH, turut hadir Plh. Sekretaris Daerah Dr. H. Toto Marwoto, Kepala BPKD Dr. H. Kurniawan, Inspektur  H. Deden Wahidin beserta para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis. Kamis (25/06/2020).

Sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Perundangan Bidang Pengelolaan Keuangan Daerah, khususnya Undang-Undang nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 beserta perubahannya tentang Pemerintahan Daerah, Kabupaten Ciamis telah melaksanakan kewajiban untuk menyerahkan Laporan Keuangan kepada BPK RI untuk selanjutnya dilakukan audit.

Saat ini telah dilakukan audit terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Ciamis baik audit pendahuluan maupun audit terinci. Pada prinsipnya merupakan komitmen kita bersama untuk melaksanakan proses dan siklus pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel yang selanjutnya menjadi tolak ukur kinerja dan pelayanan masyarakat dengan mengoptimalkan pengelolaan keuangan yang baik, mengacu pada value for money yaitu dengan tertib, efektif, efisien dan ekonomis sehingga menjamin terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah serta penyelenggaraan pemerintah pada umumnya.

Audit atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019 yang dilaksanakan pada periode Februari–Juni 2020 ini, ditengah keprihatinan kita bersama dalam menghadapi Pandemi Covid 19, sehingga terdapat kendala yang berbeda dengan pelaksanaan audit tahun-tahun sebelumnya, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat dan kualitas penyusunan laporan keuangan serta auditnya, justru menjadi motivasi tersendiri dan menjadi pengalaman untuk terus berinovasi dalam proses pengelolaan keuangan daerah dan penyelenggaraan pemerintah pada umumnya. Dengan dilakukannya desk audit dan waktu yang terbatas untuk langsung survey kelapangan, tidak berarti kualitas pelaporan keuangan dan audit menjadi terganggu tetapi tetap dijalankan dengan penuh tanggungjawab dan fokus pada tugas masing-masing sebagai auditor dan auditee.

Begitu pula data-data serta informasi yang diperoleh sebagai materi pelaksanaan audit, tetap dipenuhi meskipun dalam keterbatasan komunikasi. Selanjutnya meskipun data dan informasi diserahkan secara virtual/daring akan tetapi tetap berusaha menyajikan laporan keuangan sesuai dengan standar dan peraturan yang berlaku sehingga terwujud laporan keuangan yang handal.

Terhadap temuan-temuan yang disampaikan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan akan segera tindaklanjuti dan menjadi bahan untuk perbaikan kedepan sebagai bentuk kepatuhan dan komitmen dalam hal pengelolaan keuangan daerah dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih.

Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya menyampaikan rasa syukur atas diterimanya kembali Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD Kabupaten Ciamis Tahun 2019, meskipun penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) kali ini tidak dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya, mengingat situasi kondisi saat ini yang dihadapkan dengan pandemi Covid-19.

Pada kesempatan itu pula BPK-RI Arman Syifa., M.Acc., Ak.,CA.,CSFA menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis yang telah meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2019,  sehingga Kabupaten Ciamis telah berhasil meraih Opini WTP sebanyak 7 kali berturut-turut sejak Tahun 2013.

“Kami menyampaikan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas capaian yang telah dilakukan Pemerintah Daerah dengan diraihnya opini laporan hasil pemeriksaan ini,” tukasnya

Arman Syifa mengharapkan kepada pemerintah daerah yang telah mendapat opini WTP untuk lebih baik lagi ke depannya, dan bila menemukan permasalahan agar dapat langsung menindaklanjutinya.

Sementara itu Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Ciamis, DR. H. Kurniawan., Ak.CA. mengucapkan rasa syukur atas reward yang kesekian kalinya bagi Pemkab Ciamis ini.

“Tentunya sudah kewajiban kami selaku Unit Kerja Pengelola Keuangan / Kepala BPKD sebagai PPKD untuk menyukseskan Program-program Pemerintah Kabupaten Ciamis, karena WTP merupakan Indikator Kinerja Utama dalam terget kinerja maka sudah menjadi komitmen  untuk tetap menjaga KUALITAS pelaporan keuangan daerah”, terangnya.

Diungkapkan H. Kurniawan, dengan WTP 7 kali berturut-turut, tidak berarti sempurna, tentu masih ada kekurangan yang harus segera diperbaiki, namun setidaknya dengan WTP ini seoptimal mungkin berbanding lurus dengan kualitas pelayanan pada masyarkat sebagai bagian dari kesejahteraan masyarakat. (BPKD01)

Kategori:
Bagikan:
Artikel Terkait
SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Fungsi Pelayanan BPKD Ciamis tetap buka

BPKD Ciamis - Untuk meminimalisir penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) fungsi Pelayanan Pajak Daerah, Bendahara ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

JALAN SEHAT dalam rangka LAUNCHING IPKD, PBB-P2 ...

BPKD-Ciamis – Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

LELANG TERBUKA HAK MENIKMATI BARANG BERUPA SEWA ...

BPKD Ciamis – Kunjungan Kepala Kantor Wilayah beserta Kepala Bidang Penilaian dan Kepala Seksi Bina ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Progress Penyusunan LKPD Kabupaten Ciamis TA. 2019

BPKD Ciamis – Laporan Progress Penyusunan Laporan Keuangan Daerah (LKPD) Pemerintah Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2019 ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Launching IPKD dan PBB-P2

BPKD Ciamis – Launching Informasi Pengeloaan Keuangan Daerah (IPKD) dan Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

AKUNTABILITAS & TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

BPK-RI Pusat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar acara “Sosialisasi Peran, Tugas dan Fungsi ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Bupati Pimpin Apel Pagi BPKD Ciamis, Ingatkan ...

Bupati Ciamis, Dr. Herdiat Sunarya memipin apel pagi di halaman Kantor BPKD Ciamis, Senin (06/01/2020). Foto: ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Team Building dan Personal Development Aparatur Badan ...

  BPKD Ciamis - Salah satu upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan standar kompetensi yang akan ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Perolehan PBB-P2 Tahun 2019 di Ciamis Lampaui Target

CIAMIS,(KP-ONLINE).- Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan ...