2020-03-09 00:00:00.000

JALAN SEHAT dalam rangka LAUNCHING IPKD, PBB-P2 dan PROGRAM TRIPLE UNTUNG Tahun 2020

alt

BPKD-Ciamis – Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra dan Kepala BPKD Kabupaten Ciamis Dr. H. Kurniawan membuka secara resmi Jalan Sehat dalam rangka Launching Informasi Pengeloaan Keuangan Daerah (IPKD), Pajak Bumi Bangunan Perkotaan Perdesaaan (PBB-P2) dan Program Triple Untung.  Dalam kesempatan itu hadir pula para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis dan unsur Forkopimda, Muspika Kecamatan Rancah, para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama. Lapangan Desa Rancah Minggu (08/03/2020).

 

Sesuai dengan amanat peraturan perundangan bidang pengelolaan keuangan daerah khususnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Pegelolaan Keuangan Daerah, bahwa pengelolaan keuangan daerah harus dilakukan secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, efektif, transparan, dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatuhan, dan manfaat untuk masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Ciamis, untuk Tahun Anggaran 2020 mengelola APBD sebesar 2,8 triliun yang berasal dari PAD, Dana Perimbangan dan Lain-Lain Pendapatan Daerah Yang Sah. dana tersebut merupakan sumber pendapatan daerah untuk membiayai pelaksanaan Pemerintahan Daerah dan pembangunan di daerah dalam bentuk program dan kegiatan prioritas yang diarahkan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat.

Dana perimbangan memegang kontribusi yang sangat dominan untuk sumber pendanaan di Kabupaten Ciamis, sementara PAD yang merupakan potensi daerah baru mencapai Rp. 252,7 Milyar, atau 9% dari total pendapatan daerah Kabupaten Ciamis. Komponen PAD itu sendiri didominasi dari lain-lain PAD yang sah sebesar 68% yang merupakan pendapatan BLUD RSUD dan Puskesmas. Sementara dari pajak daerah baru dapat berkontribusi sebesar 26% dari seluruh PAD.  

Kontribusi dari Pajak Daerah masih belum signifikan, meskipun demikian  pembayaran pajak daerah merupakan salah satu bentuk kontribusi masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah. hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2016 tentang Ketentuan umum dan tata cara pemungutan pajak daerah bahwa pajak daerah adalah kontribusi wajib kepada daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Salah satu Pajak Daerah yang dikelola oleh Pemerintah Daerah adalah Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). untuk Tahun 2020, Kabupaten Ciamis telah mengeluarkan Keputusan Bupati Ciamis Nomor 973/Kpts.538-Huk/2019 tanggal 27 Nopember 2019 tentang Klasifikasi dan penetapan nilai jual objek pajak sebagai dasar pengenaan PBB-P2 di Kabupaten Ciamis.

Berdasarkan ketetapan tersebut, diperoleh data Jumlah SPPT dan Nilai PBB-P2 yang harus dibayar untuk setiap Kecamatan dan Desa, yaitu jumlah SPPT sebanyak 1.340.436 buah dengan nilai PBB-P2 sebesar Rp. 24.3 milyar,- atau 1 % dari total Pendapatan Daerah.

Salah satu upaya nyata yang telah kita lakukan untuk menciptakan tertib administrasi pengelolaan keuangan daerah yaitu dengan membangun Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah untuk efektifnya pengendalian internal sebagai wujud transaparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta untuk mendukung dan mengimplementasikan Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah sebagai tindaklanjut Intruksi Presiden RI tentang pemberantasan korupsi, yang dimuat dalam Inpres No. 10 Tahun 2006 tentang Aksi Pencegahan Dan Pemberantasan Korupsi, serta Surat Edaran Mendagri No. 910/1866/SJ Tahun 2017 yang mewajibkan Pemda untuk melaksanakan Transaksi Non Tunai”,

Dalam kesempatan itu Bupati berharap ” dengan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah yang didalamnya juga mengakomodir tentang Sistem Pembayaran Pajak Daerah secara online, akan memudahkan masyarakat sebagai wajib pajak dalam mengakses pembayaran pajak daerah yang terkoneksi langsung dengan PT. Bank Jabar Banten. Saat ini untuk pembayaran pajak sudah dapat dilaksanakan secara online melalui ATM BJB atau BJB DIGI, dan Insya Alloh kedepan pembayaran pajak bisa melalui Kantor Pos, Alfamart, Indomart, Bukalapak, Tokopedia dan Traveloka”.

Pada kesempatan itu pula Bapak Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah memenuhi kewajiban pajaknya pada Tahun 2019. Dan secara khusus rasa terima kasih yang mendalam juga disampaikan kepada aparat ditingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan yang telah berkinerja baik sehingga Pajak Daerah pada Tahun 2019 dapat tercapai melebihi target yang ditetapkan.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah, Bupati Ciamis mengajak seluruh shareholder dan stakeholder untuk senantiasa mengikuti prosedur, melengkapi dokumen serta menepati waktu. Hal itu semua, untuk menjamin kepatuhan dan men-support terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah, karena di dalam pengelolaan keuangan daerah terdapat indikator kinerja utama, yaitu dalam hal Peningkatan Kemampuan Fiskal serta pencapaian Opini WTP sebagai wujud tata kelola keuangan daerah yang baik. Untuk itu, agar semua pihak dapat mengoptimalkan peningkatan PAD, melalui pengambilan langkah strategis dan operasional, diantaranya dalam hal peningkatan Pajak Daerah khususnya PBB-P2 dengan memberikan pemahaman kepada para wajib pajak akan pentingnya membayar pajak, sehingga menumbuhkan motivasi masyarakat untuk membayar kewajibannya dengan penuh kesadaran. Kepada para petugas diharapkan agar lebih pro aktif dalam penagihan PBB sehingga target yang telah ditentukan dapat dilunasi sebelum masa jatuh tempo pada 30 September 2020 dan selalu memonitor serta mengawasi penerimaan PBB di setiap bulannya juga menyelesaikan permasalahan saldo piutang PBB-P2.

Sementara Kepala BPKD Kabupaten Ciamis Dr. H. Kurniawan.,SE., MSi., Ak., CA., ACPA. menyampaian bahwa “digelarnya Launching IPKD dalam rangka pengelolaan keuangan daerah melalui advokasi dan edukasi tentang tertib administrasi pengelolaan keuangan daerah. Selain itu juga, untuk meningkatkan kepatuhan dan kesadaran para wajib pajak dengan mendekatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat melalui mobil layanan keliling yang melayani secara online untuk menjamin transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah”, jelasnya.

Pada kesempatan itu pula disampaikan Kepala BPKD bahwa, saat ini baru ada dua unit kendaraan layanan pajak yang akan beroperasi 2 (dua) hari dalam satu minggu turun ke desa-desa, terutama desa-desa di pelosok. Dan tidak menutup kemungkinan kedepannya dari dua unit akan ditambah lagi disesuaikan dengan idealnya kebutuhan geografis Kabupaten Ciamis,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu juga Pemkab Ciamis dalam hal ini BPKD, bekerjasama mensosialisasikan program Tripel Untung sebagai program Pemprov Jabar Tahun 2020 berupa Penghapusan Denda Tunggakan PKB, Bea Balik Nama (BBN) dan Penghapusan Tarif Progresif Pokok Tunggakan yang berlaku mulai 02 Maret 2020 sampai 30 April 2020.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Kegiatan Launching IPKD, PBB-P2 dan Program Triple Untung yang pada Hari Minggu, tanggal 29 Maret 2020 nanti akan dilaksanakan di Lapangan Ciawitali Desa Purwadadi Kecamatan Purwadadi. (BPKD-01)

Kategori:
Bagikan:
Artikel Terkait
SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Hari Pertama Kerja Pasca Libur Idul Fitri 1441 ...

BPKD-Ciamis – Apel Pagi hari pertama kerja setelah Idul Fitri diselenggarakan di belakang Gedung BPKD, ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Fungsi Pelayanan BPKD Ciamis tetap buka

BPKD Ciamis - Untuk meminimalisir penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) fungsi Pelayanan Pajak Daerah, Bendahara ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

LELANG TERBUKA HAK MENIKMATI BARANG BERUPA SEWA ...

BPKD Ciamis – Kunjungan Kepala Kantor Wilayah beserta Kepala Bidang Penilaian dan Kepala Seksi Bina ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Progress Penyusunan LKPD Kabupaten Ciamis TA. 2019

BPKD Ciamis – Laporan Progress Penyusunan Laporan Keuangan Daerah (LKPD) Pemerintah Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2019 ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Launching IPKD dan PBB-P2

BPKD Ciamis – Launching Informasi Pengeloaan Keuangan Daerah (IPKD) dan Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

AKUNTABILITAS & TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

BPK-RI Pusat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar acara “Sosialisasi Peran, Tugas dan Fungsi ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Bupati Pimpin Apel Pagi BPKD Ciamis, Ingatkan ...

Bupati Ciamis, Dr. Herdiat Sunarya memipin apel pagi di halaman Kantor BPKD Ciamis, Senin (06/01/2020). Foto: ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Team Building dan Personal Development Aparatur Badan ...

  BPKD Ciamis - Salah satu upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan standar kompetensi yang akan ...

SelengkapnyaSelengkapnyaSelengkapnya

Perolehan PBB-P2 Tahun 2019 di Ciamis Lampaui Target

CIAMIS,(KP-ONLINE).- Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan ...